Analisis Dan Perancangan Sistem Reservation Dan Penyewaan Kamar Hotel

Melanjutkan dari postingan sebelumnya yang membahas tentang perancangan sistem, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan gambaran tentang hasil dari implementasi sistem yang saya buat.
okeh langsung ke TKP ajah,…
1. Implementasi Sistem
Implementasi sistem merupakan tahap meletakkan sistem yang baru dikembangkan supaya nantinya sistem siap dioperasikan sesuai dengan yang diharapkan, dan menjelaskan dengan detail kebutuhan dari sistem yang telah dibangun. Salah satunya termasuk dalam tahap ini adalah kegiatan menulis kode program yang digunakan. Adapun tujuan dari tahap implementasi sistem ini adalah menyiapkan semua kegiatan penerapan sistem sesuai dengan rancangan yang telah ditentukan.
2. Pengujian Sistem
Pengujian sistem merupakan pengujian dari aplikasi apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, pengujian dapat dilakukan dengan menguji satu persatu dari semua form yang terdapat diaplikasi.
2.1 Form Login
Form Login merupakan tampilan awal saat aplikasi ini dijalankan, form ini berfungsi sebagai keamanan, karena saat pertama kali aplikasi ini muncul maka pengguna akan diminta memasukkan nama dan password yang ada, sehingga tidak sembarang pengguna yang dapat mengakses aplikasi ini. Adapun tampilan form login adalah seperti dibawah ini:

2.2 Form Menu Utama
Form utama ini adalah tampilan utama dari aplikasi setelah melakukan login sebagai admin maupun petugas, adapun tampilan form menu utama adalah sebagai berikut:
Didalam form ini terdapat pilihan – pilihan sub menu yang nantinya akan digunakan untuk masuk ke proses - proses dalam aplikasi diantaranya melakukan proses pemasukan data dan melihat laporan. Adapaun menu yang dapat diakses dari menu utama adalah sebagai berikut:

2.2.1 Menu Home
Pada menu Home ini terdapat beberapa sub menu pilihan seperti: Sub Menu Log Off, Keluar, Kalkulator, Notepad, Multimedia, dan Browsing berikut ini tampilanya

2.2.2 Menu Status
Pada Menu Status terdapat beberapa sub menu pilihan seperti: Cek Kamar Kosong, Kamar Terisi dan Lihat Semua Data, berikut tampilanya:

2.2.3 Menu Insert
Pada Menu Status terdapat beberapa sub menu pilihan yaitu Input Data Kamar, Input Data Tamu, Input Data User, Room Reservasi, Transaksi Guest Chekin, Guest Chekout, Over Time, Input Data Kas. Adapun tampilanya sebagai berikut:

1. Tampilan dari form room reservasi sebagai berikut:
Form room reservasi merupakan form inputan yang digunakan untuk menginput data reservasi hotel pixma, yang terdiri dari beberapa inputan yaitu : kd boking, id tamu, nama tamu, id kamar, nomor kamar, tipe kamar, haraga, keterangan, tgl chekin, jam chekin, tgl chekout dan jam chekout. Adapun tampilan form room reservasi hotel pixma adalah sebagai berikut:

2. Tampilan Laporan Data Kamar
Laporan yang berisikan tentang data kamar pada Hotel Pixma. Adapun bentuk laporannya yaitu sebagai berikut:




Demikian sedikit gambaran tentang aplikasi Reservation Dan Penyewaan Kamar Hotel semoga bisa memberi manfaat buat teman-teman, jangan isi komentar dulu yah,. ;)