SEJARAH BLOG

Pengertian dan Sejarah Blog

Blog merupakan kepanjangan dari Web LOG, yaitu catatan-catatan pribadi atau artikel yang dituangkan atau dipentingkan ke dalam sebuah halaman web. Biasanya halaman awal dari blog merupakan berita atau update terbaru, lalu kemudian berita lama.
Menurut sejarah yang tercatat dalam Wikipedia, kata Web log pertama kali diperkenalkan oleh John Barger pada tahun 1997. Istilah ini digunakan Barger untuk menyebut website yang berisi catatan-catatan harian. Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman What’s New pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Anderson pada tahun 1993. Mosaic sendiri merupakan browser pertama sebelum kemunculan Internet Explorer.
Sedangkan istilah blog pertama kali diperkenalkan secara tidak sengaja oleh Peter Merholz yang memisahkan kata weblog menjadi we blog di dalam blog miliknya pada April 1999. Pada Agustus 1999 sebuah perusahaan Sillicon Valley bernama Prya Lab meluncurkan blogger.com, yaitu media yang mempopulerkan blog. Dengan adanya blogger.com tiap orang yang memiliki pengetahuan dasar tentang html dapat menciptakan blognya sendiri secara online dan gratis. Pada saat itu perkembangan blogger meningkat begitu pesat.
Karena blog merupakan media pentransferan secara gratis, penggunanya pun terdiri dari bermacam-macam kalangan, mulai dari anak-anak sekolah, mahasiswa, guru ataupun dosen, maupun masyarakat umum.Media ini biasa mereka manfaatkan untuk saling bertukar informasi ataupun hanya sekedar untuk curahan hati.
Tak hanya itu, mulai beberapa tahun terakhir ini, media blog dimanfaatkan sebagai media untuk bisnis. Baik dari bisnis untuk mempromosikan produk-produk atau jasa yang akan dijual maupun bisnis advertising atau media untuk mempromosikan produk-produk orang lain seperti yang dimiliki oleh Google Adsense.