Perancangan Sistem

Berikut akan saya jelaskan tentang perancangan dari sistem yang pernah saya buat dengan judul Analisis dan Perancangan Sistem Reservation dan Penyewaan Kamar Hotel. Perancangan sistem dapat diartikan gambaran atau sketsa dari alur proses sistem pengolahan data yang akan dibuat. Dalam rancangan suatu sistem dapat menggunakan Diagram Konteks, Diagram Arus Data (DAD), atau Data Flow Diagram (DFD), Diagram Jenjang dan menggunakan Entity Relationship Diagram (ERD). 

Sistem Yang Berjalan


Sistem Yang Diusulkan


Data Flow Diagram (DFD)
Data flow diagram adalah diagram yang menggunakan notasi - notasi atau simbol - simbol yang digunakan untuk menggambarkan arus dari data sistem dan untuk membentuk didalam komunikasi dengan pemakai sistem untuk memahami sistem secara logika. DFD sering digunakan untuk menggambarkan sistem yang telah ada atau sistem yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir atau lingkungan tersebut akan disimpan.

DFD Level 1


DFD Level 2 Proses 1


DFD Level 2 Proses 2


DFD Level 2 Proses 3


DFD Level 2 Proses 4


Entity Relationship Diagram (ERD)
Entity Relationship Diagram merupakan jaringan yang menggunakan suaau data yang disimpan dari sistem secara abstrak. ERD bertujuan untuk menunjukan objek data relationship yang ada pada objek tersebut, disamping itu model ERD ini merupakan salah satu alat untuk perancangan database.