Manajemen Instalasi dan Komputer

Pada akhir kuliah Manajemen Instalasi dan Komputer atau biasa kita sebut MIK, diharuskan membuat sebuah tugas akhir dengan tema instalasi jaringan dan komputer dan bugdet nominal ditentukan oleh dosen. Pada kesempatan ini kelompok kami mendapat dana hibah 100jt,...waoo sangat lumayan bukan tapi tu hanya sebuah nominal saja,.dan diharuskan kita bisa mengelola dana tersebut untuk membangun sebuah proyek. berikut penjelasan dari proyek yang kita lakukan...cekidot!!

1.1. Ringkasan Proyek
Proyek Pembangunan Infrastruktur Jaringan Komputer Kantor Berbasis Client Server pada Rumah Warna merupakan proyek yang ditujukan untuk menggunakan teknologi jaringan sebagai pengelolaan layanan. Jaringan yang akan dibuat merupakan jaringan LAN dengan menggunakan topologi STAR. Secara fisik jaringan akan saling terhubung antar komputer yang satu dengan komputer yang lain dan akan terhubung dengan salah satu komputer server. komputer yang ada diletakan dalam satu ruangan atau lokasi yang sama tetapi terpisah dengan komputer servernya. Kemudian untuk memudahkan layanan informasi pada Rumah Warna juga akan dibangun infrastruktur hotspot area, untuk itu agar bisa diakses oleh semua pekerja atau pelanggan yang ada disekitar kantor produksi Rumah Warna maka jaringan akan dihubungkan dengan memanfaatkan teknologi wireless.
Untuk pengelolaan manajemen Rumah Warna akan dibangun sistem informasi yang berfungsi sebagai POS (Point of Sales) pada masing-masing bagian pekerjaan, sehingga dalam menjalankan produksi dari Rumah Warna dan proses transaksi yang terjadi dapat dimonitoring dan dikontrol dengan baik oleh pimpinan Rumah Warna dengan teknologi jaringan berbasis Client Server.
1.2. Deskripsi Rumah Warna
Rumah Warna adalah sebuah industri kreatif pernak-pernik remaja putri dari main product tas dan frame. Produk yang dihasilkan Rumah Warna merupakan produk original yang dihasilkan dari pemikiran kreatif team, dengan menginspirasi dari dunia fashion, trend, gaya hidup dan perkembangan budaya pop sehingga lebih dinamis dan tidak lekang ditelan jaman. Kantor Produksi Rumah Warna berlokasi di Jl. Kemuning sawit sari, Condong Catur, Depok, Sleman Yogyakarta. Dengan lokasi yang strategis dan mudah dicari oleh pelanggan maka setiap hari keadaan Rumah Warna selalu ramai dikunjungi oleh pelanggan yang akan melakukan pemesanan produk dengan design dari pelanggan sendiri atau yang sudah ada di Rumah Warna, serta mitra bisnis yang akan melakukan kerjasama dengan Rumah Warna. Didalam Kantor Produksi rumah warna ini terdiri dari bebarapa bagian seperti, Bagian Produksi, Bagian Pemesanan, Bagian Perancangan Design, Bagian Penjualan, Bagian Promosi dan lain-lain, yang dari semuanya saling terkait dan bekerjasama untuk menghasilkan suatu produk yang memiliki mutu dan kualitas yang tinggi.
1.3. Rincian Proyek
Setelah meninjau dan mempelajari kebutuhan jaringan dan sistem informasi pada Rumah Warna membutuhkan dana sebesar 100.000.000 dengan rincian peripheral yang dibutuhkan sebagai berikut :

 ya,..cukup seperti itu dulu yang dapat saya sampaikan, untuk lebih lengkapnya teman-teman bisa langsung download disini.